Monday, October 10, 2011

Fujitsu Kembangkan Penghasil Listrik dari Panas Tubuh

Selasa, 11/10/2011 09:24 WIB 



Jakarta - Ajang pameran teknologi CEATEC 2011 yang dihelat di Jepang, dimanfaatkan Fujitsu untuk memamerkan hasil pengembangan teknologinya yang sangat menarik, yakni Hybrid Power Generation Device.

Ini adalah perangkat yang memanfaatkan teknologi 'pemanen energi'. Idenya adalah, menggunakan chip yang ditempelkan pada kulit yang menyerap energi dari matahari dan panas tubuh si pemakainya.

Dilansir Tech Radar , selanjutnya chip akan memanfaatkan proses ini untuk memonitor kesehatan tubuh si pemakainya dan mengirim balik data ke sistem monitoring.

Ini adalah chip mandiri pertama dari jenisnya yang bisa memanenkan energi, baik dari cahaya maupun panas. Biasanya, dibutuhkan chip terpisah yakni sel surya dan beberapa elemen thermoelectric. Uniknya, chip yang dikembangkan Fujitsu boleh dibilang adalah perangkat hibrida yang merupakan gabungan dari keduanya.

Chip tersebut tidak dalam keadaan sedang bekerja ketika kita menggunakannya, namun Fujitsu mengatakan, temuannya itu bisa menghasilkan 700 microwatt listrik dari energi yang dipanennya dan itu artinya, tidak perlu baterai untuk membuatnya bekerja.

Ukurannya tidak besar, hanya 5cm x 5cm dan dirancang agar bisa menempel dengan tangan si penggunanya. Teknologi ini tidak cukup kuat untuk memberikan daya bagi sebuah gadget. Pasalnya, chip tersebut memang dirancang sebagai alat check up kesehatan bagi penggunanya.

Di CEATEC 2011, Fujitsu menjadi salah satu perusahaan yang mengisi celah di pasar teknologi untuk bidang kesehatan. Selain Fujitsu, operator telekomunikasi Jepang DoComo memamerkan casing smartphone yang bisa memonitor tingkat radiasi nuklir di lingkungan sekitar.


No comments:

Post a Comment