Monday, October 10, 2011

Mengetahui Fungsi Tombol Keyboard Pada Microsoft Word

Senin, 2011-10-10 16:40:00 WIB


(ICTF - FYI) Huruf-Huruf dan tombol keyboard selain untuk menulis juga bisa berfungsi sebagai perintah. maka aktifitas mengetik menjadi lebih mudah.

Berikut ini beberapa fungsi-fungsi tombol keyboard dalam microsoft office word 2007 :
-CTRL +A
Berfungsi untuk memblok seluruh isi dalam halaman microsoft word yang di tengah di buka, baik tulisan maupun gambar.

-CTRL +B
Disebut juga tombol Bold berfungsi untuk menebalkan huruf.

-CTRL +C
Disebut juga tombol copy berfungsi untuk mencopy (menggandakan file yang anda blok ).

-CTRL +D
Berfungsi untuk mengubah jenis huruf (font), misal nya dari "calibri" ke "time new roman".
cara nya tinggal ketik beberapa huruf awal seperti " times" untuk mencari jenis "times new roman", atau ketik "ar" jika ingin mencari jenis font " arial"

-CTRL +E
Berfungsi mengatur objek atau tulisan agar berada di tengah-tengah halaman.

-CTRL +F

Disebut juga fungsi Find yang berfungsi untuk menemukan kata yang di cari. cara nya tinggal CTRL +F kemudian setelah keluar jendela pencarian ketik kata, frase atau kalimat yang hendak di cari, jendela ini sangat sensitive, sehingga teliti apakah kata yang di maksud sudah di ketik dengan benar berikut tanda baca (bila ada) dan spasinya.

-CTRL +G
Sebagai tombol Go To, jendela yang terbuka berfungsi untuk pergi atau melompat. misal nya? untuk pindah dari halama satu ke halaman lain.
Cara nya ketika jendela Go To terbuka, pada pilihan yang tersedia klik pilihan " page" kemudian ketikkan perintah anda + berarti tambah atau maju.

-CTRL +H
Berfungsi untuk membuka tombol replace, misal jika dalam pengetikan naskah anda sudah terlanjur salah mengetikkan ejaan misalkan yang seharus nya "karika" tapi terlanjur menulis "carica", dari pada bolak balik membuka halaman dan mengganti satu persatu, manfaatkan pengetahuan akan fungsi-fungsi tombol ini.
Cara nya, tekan CTRL +H dan ketika terbuka jendela replace, pada kolom "find what" ketikkan kata yang salah, misalkan "karika" kemudian ketikkan kata yang benar pada kolom isian "replace with" misalnya dengan "carica" maka seluruh kata karika pada halaman tersebut akan berubah menjadi carica.

-CTRL +I
Disebut juga fungsi italic berfungsi untuk memiringkan huruf yang anda inginkan.

-CTRL +J
Disebut juga control justify, yang berfungsi untuk merapikan tulisan dengan mengatur rata kanan dan kiri sekaligus.

-CTRL +K
Untuk membuat link pada halaman lain, misalkan dalam sebuah naskah anda hendak menyisipkan link naskah lain di folder lain.
Maka tinggal ketik CTRL+ kemudian cari dan klik file yang akan anda buat.

-CTRL +L
Digunakan untuk meratakan halaman ke arah kiri.

-CTRL +M

Untuk menggeser sebuah paragraph ke arah, biasa nya menggeser 1cm.

-CTRL +N

Disebut juga fungsi New, berfungsi untuk membuka dokumen baru.

-CTRL +O

Bisa digunakan untuk mengubah file

-CTRL +P
Merupakan perintah cepat untuk mengeprint halaman.

-CTRL +Q

Bisa di gunakan untuk mengubah spasi? paragraph menjadi 1.

-CTRL +R
Seperti hal nya CTRL+L, fungsi ini bersifat sebalik nya, yakni menata paragraph menjadi rata kanan.

-CTRL +S
?Merupakan perintah cepat dari save, yakni berfungsi untuk menyimpan.

-CTRL +T
Fungsi hampir sama dengan CTRL +M, hanya saja jika pada perintah tersebut dari baris satu sampai terakhir bergeser semua, pada CTRL+T ini hanya yang bergeser di baris kedua dan seterus nya, sementara baris pertama tetap.

-CTRL +U
Berfungsi untuk menggaris bawahi suatu kata atau kalimat.

-CTRL +V
Perintah cepat dari menempel atau paste.

-CTRL +W
Perintah cepat untuk menutup halaman.

-CTRL +X

Digunakan untuk mengganti perintah cut.

-CTRL +Y
Digunakan untuk mengganti perintah redo ( kebalikan dari undo ).

-CTRL +Z
Digunakan untuk melaksanakan perintah undo atau membatalkan perintah sebelum nya.

Silahkan mencoba-coba untuk menemukan fungsi-fungsi tombol keyboard lain, baik pada microsoft office word, powerpoint maupun pada office lain.

No comments:

Post a Comment