Saturday, September 4, 2010

Raja Baru Segmen City Car

Segmen city car mulai bergerak. Bila selama ini selalu didominasi city car asal Korea, KIA Picanto, maka pendatang baru dari Jepang, Suzuki Splash berhasil mencuri tampuk kepemimpinan.

Hal tersebut terlihat dari catatan penjualan city car di bulan Juli 2010 lalu, dimana Suzuki Splash akhirnya mengambil alih pimpinan mobil imut terlaris.


wikimedia


Berdasarkan data penjualan dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Suzuki Splash mencatat penjualan sebanyak 2.462 unit di bulan Juli, unggul tipis dari Picanto.

Sementara, jagoan imut dari KIA tersebut bisa terjual sebanyak 2.355. Catatan penjualan tersebut, membuat Picanto harus mengalah turun ke posisi dua sebagai city car terlaris.

Direktur Pemasaran Suzuki Indomobil Sales, Endro Nugroho, menyambut baik munculnya Suzuki Splash sebagai city car terlaris. Ia mengatakan Splash memang sudah seharusnya memimpin.

"Hanya kan selama ini kita masih kesulitan menyeimbangkan permintaan dan suplainya, karena Splash masih terhitung barang baru," ujar Endro.

Namun, sejak suplai sudah mulai bisa memenuhi permintaan dari Splash, maka memang sudah waktunya Splash menjadi raja city



blogspot


car, terutama dengan desain, fitur, juga harga jualnya yang kompetitif.

"Bahkan saya harapkan bakal lebih optimal kedepannya bila suplainya sudah bisa 100 persen," tambah Endro.

Selain itu, Endro pun berharap bisa terus mempertahankan konsistensi dari penjualan Suzuki Splash setiap bulannya, yang dianggap jauh lebih penting daripada sekedar catatan angka-angka penjualan yang fluktuatif tersebut.

Direktur Pemasaran PT KIA Mobil Indonesia Hartanto Sukmono sebelumnya menuturkan persaingan city car makin ketat.

"Setiap ada persaingan pasti ada gangguan, tapi itu membuat kita semakin kompetitif dalam bersaing, terutama di segmen city car," ujarnya di sela-sela buka bersama KIA di Blacksteer Cafe FX Senayan, Jakarta, Rabu (1/9/2010) malam.

Berikut city car terlaris:

1. Suzuki Splash 2.462 unit
2. KIA Picanto 2.355 unit
3. Suzuki Karimun Estilo 1.624 unit
4. Hyundai i10 394 unit
5. Chery QQ 284 unit
6. Chevrolet New Spark 127 unit
7. Proton Savy 123 unit.


Bisakah Picanto kembali ke urutan pertama?

No comments:

Post a Comment